Antena

Antena

Setiap alat komunikasi wireless, seperti TV atau radio harus menggunakan antenna. Antena digunakan untuk melepas sinyal listrik dari radio menjadi medan elektromagnetik ke ruang bebas bila digunakan sebagai antena pemancar, dan sebaliknya bila digunakan sebagai antena penerima.

Untuk komunikasi lokal biasanya digunakan antenna yang bentuknya vertikal. Sedang untuk komunikasi jarak jauh dibutuhkan antenna yang dapat mengarahkan sinyal radio tersebut ke tujuan yang jauh, biasanya digunakan antenna yagi. Tampak pada gambar adalah antenna vertikal yang digunakan pada band VHF.

Pada gambar selanjutnya adalah peralatan antenna yagi di band VHF & UHF di atas tower yang dimiliki oleh Amatir Radio Club ITB. Antenna yagi digunakan untuk komunikasi jarak jauh supaya sinyal radio lebih terarah. Dalam contoh gambar ini, antenna yagi tampak mengarah ke atas (ke langit) karena memang antenna ini digunakan untuk komunikasi data paket radio dengan satelit amatir radio yang mengorbit pada ketinggian 900 km di atas permukaan bumi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s